Jelang UNBK, SMP IT Logaritma Gelar Kegiatan Motivasi

KARANGANYAR (LogaritmaNews) – Menjelang diadakannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer Bulan April mendatang, Pondok Pesantren Daruth Thoyyibah SMP IT Logaritma Karanganyar mengadakan kegiatan motivasi yang dilaksanakan di Gedung Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Jawa Tengah Jalan Wilis No. 1 Klapasawit, Wero, Gombong, Sabtu (7/3/2020) pagi.

Kegiatan pemantapan ujian nasional yang mengusung tema “My success is only by Allah” ini, dihadiri oleh semua siswa-siswi atau santri-santriwati kelas IX (sembilan) SMP dan didampingi oleh semua wali santrinya. Hadir sebagai narasumber Ustadz Komarul Huda ,S.Pd. adalah Motivator Pendidikan sekaligus Trainer Ummi Foundation dari Surabaya.

Ketua Kegiatan Motivasi Mubtadiah Kurniasih, S.Pd. menuturkan kegiatan penyegaran motivasi diri bagi siswa kelas 9 ini sangat penting agar siswa-siswi lebih siap dalam menghadapi ujian nasional. “Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi siswa,” papar Asih.

Menurutnya, kegiatan seperti ini manfaatnya sangat banyak, karena dapat memotivasi siswa untuk semakin fokus akan komitmen mencapai sukses diri baik untuk menghadapi UNBK maupun untuk kehidupan nyata di masyarakat pasca lulus pendidikan.

Sukses diri Lanjut Asih, tentunya tidak hanya dengan kata kata tetapi dengan persiapan dan rencana yang matang, tindakan yang penuh disiplin dan tanggung jawab. Para siswa semakin yakin akan bersungguh sungguh menyiapkan untuk ujian nasional nantinya.

“Setelah kegiatan ini terlaksana diharapkan siswa-siswi dalam menghadapi UNBK lebih percaya diri dan tidak menganggap sebagai sesuatu yang menakutkan,” tuturnya

Dalam pemaparannya, Ustadz Komarul sebagai motivator memberikan tips kepada para peserta untuk mengurangi ketakutan saat menghadapi ujian dengan melakukan relaksasi pikiran sebelum ujian berlangsung dan selalu berpikir positif, fokus serta tetap bertawakal kepada Allah SWT.

Sebelum acara diakhiri, pemateri memberikan kontemplasi atau renungan kepada peserta tentang berbuat baik kepada kedua orang tua dan pentingnya hikmah kematian agar selain mereka mantap dalam hal mental, juga mantap dalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Allah Azza Wajalla. Semua peserta pun diajak untuk meminta doa restu ke seluruh orang tua dan ustadz-ustadzah yang hadir pada acara tersebut.

Sementara itu, Kepala SMP IT Logaritma Karanganyar Imam Arifianto, S.Pd., menjelaskan, kegiatan tersebut adalah bagian dari rangkaian persiapan sekolah, disamping persiapan lainnya. “Sebelumnya, persiapan lain, seperti pelaksanaan ujian pra-UN, try-out dan kegiatan indoor dan outdoor juga dilakukan,” katanya.

Lebih jauh Imam mengatakan, muhasabah dan doa bersama pun dilakukan tiap waktu di Pondok Pesantren. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar pihak sekolah dalam menyambut pelaksanaan UN setiap tahunnya.

Ini adalah agenda tahunan, dimana tahun ini 59 siswa kelas IX yang akan UN tidak hanya mendapatkan hasil terbaik dalam pelaksanaan UN dan lulus 100 persen, namun yang tidak kalah penting maksimal dalam beribadah kepada Allah SWT.” pungkasnya. (SFD/IA)

Video terkait :