Muhadhoroh Kubro 1442 H : In Dakwah, We Show Our Best

KEBUMEN (LogaritmaNews) – Bidang Kajian Dakwah Organisasi Santri Pondok Pesantren Daaruth Thoyyibah SMPIT Logaritma Karanganyar Kebumen kembali menggelar ajang kreatifitas para santri. Yakni acara Muhadhoroh Kubro 1442 Hijriah per angkatan. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, meriah dan penuh hikmat, Sabtu (28/11) malam.

Muhadhoroh Kubro yang dipusatkan di halaman pondok setempat dan disiarkan secara Live Streaming Youtube itu, merupakan acara rutin tahunan Pondok Pesantren Daaruth Thoyyibah yang digelar untuk pembuktian jika santri juga memiliki potensi yang patut untuk ditunjukkan. Kegiatan ini sebagai bukti bahwa santri tak hanya identik dengan hanya mengaji. Acap kali santri juga dianggap kurang terbuka dengan dunia luar sehingga tidak mampu mengekspresikan potensi yang terpendam di dalam dirinya.

Panggung muhadhoroh Kubro menjadi eksplorasi potensi seluruh santri Pondok Pesantren Daaruth Thoyyibah SMPIT Logaritma Karanganyar, tempat perpaduan berbagai kreasi dan inovasi guna mengemas, menghadirkan sebuah kolaborasi seni secara apik dan menarik, acara tersebut pun dibuka dengan Tilawah Al-Qur’an yang menggetarkan panggung kehormatan. Kemeriahan acara berlanjut dengan masuknya 2 MC dengan 3 bahasa yang berbeda yakni Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Mengangkat tema “In Dakwah, We Show Our Best”.  Panitia acara menampilkan beragam kesenian. Ini mulai dari pidato, drama musical, pantomim, puisi, pencak silat dan nasyid yang dibalut dengan nuansa pondok pesantren modern. Adapun Pidato dilaksanakan dengan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa. Semuanya dipersembahkan oleh santriwan-santriwati Pondok Pesantren Daaruth Thoyyibah SMPIT Logaritma Karanganyar Kebumen dengan persiapan kurang lebih dua minggu.

Ketua Panitia Akhmad Musy’ab HJ, S.T., dalam sambutannya menyampaikan acara Muhadhoroh Kubro bertujuan untuk mewadahi kemampuan santri di bidang kesenian. Tema yang diusung bertujuan agar semua potensi para santri diwujudkan dalam rangka mencari ridho Allah SWT. “melalui kegiatan ini, kami berusaha menanamkan jiwa dan menciptakan kader-kader pemimpin Islam yang beriman, bertakwa, smart cendekia serta mewujudkan cita cita tujuan impian dan harapan trimurti Pondok Pesantren Daaruth Thoyyibah SMPIT Logaritma Karanganyar.” harapnya.

Dalam dakwah, tambah Musy’ab, kita menunjukkan yang terbaik yang kita miliki, bahwa penampilan terbaik kita harus di jalan Allah dalam bentuk Dakwah, Kenapa Dakwah ?? karena Allah SWT berfirman, “Siapakah yang lebih baik ucapannya, melainkan orang yang mengajak orang yang menyeru kepada Allah, mereka adalah orang-orang yang berdakwah kepada Allah yang paling baik ucapannya.” terangnya

“Maka teladan yanag paling utama, yang paling berhak kita teladani dalam dakwah adalah diri Rasulullah Muhammad SAW” jelasnya dengan menyemangati para santrinya.

Untuk mencegah kerumunan masa di Pandemi Covid-19 ini, Kegiatan Muhadhoroh Kubro yang biasanya diikuti seluruh santri pondok Pesantren Daruth Thoyyibah SMPIT Logaritma Karanganyar, siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Logaritma Karanganyar dan Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Logaritma Sempor serta Undangan Alumni. Pada Muhadhoroh kali ini hanya diikuti seluruh santri pondok Pesantren Daruth Thoyyibah SMPIT Logaritma Karanganyar saja.

Adapun pihak-pihak yang biasanya diundang tetap dapat mengakses acara melalui daring. Karena pihak panitia telah memfasilitasi live streaming di 2 Channel Youtube yakni Salinda 797 dan SMPIT LOGARITMA.

“Alhamdulillah peserta sangat antusias mengikuti rangkaian acara sampai selesai”, imbuhnya yang juga ustadz di pondok pesantren Daruth Thoyyibah itu.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Daruth Thoyyibah Karanganyar Ustadz H Yunus Anies Ridwan Al Badrie dalam sambutannya mengungkapkan yang paling pokok dalam Muhadhoroh adalah host (Master Ceremony) Pengurus pondok diharapakan bisa mengakomodir dan memberikan ruang untuk para santri dalam mengembangkan potensi dirinya. “Penampilan kalian didalam mengelola muhadhoroh harus diniatkan untuk berdakwah.” ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan tersebut mampu melatih kedisiplinan dan kemandirian para santri. Sehingga nantinya para santri dalam mengimplementasikan ilmu di masyarakat dapat lebih bermanfaat bagi umat banyak. “Mudah-mudahan ke depannya Pondok Pesantren Daruth Thoyyibah Karanganyar yang kita cintai ini lebih maju dan penuh kebermanfaatan bagi umat,” harapnya.

Di tengah-tengah rangkaian acara juga diselipkan pemberian penghargaan kepada para santriwan-santriwati yang telah merapihkan kelas dan asramanya dalam rangka menjaga kebersihan di masa Pandemi Covid-19 (sfd)