Keren!! Tumbuhkan bakat dan Kreativitas siswa melalui Art Exhibition

KARANGANYAR (LogaritmaNews) – Tidak melulu prestasi akademik semata yang selalu diperhatikan oleh satuan pendidikan. Tidak kalah penting juga yakni pengembangan serta peningkatan minat dan bakat para siswanya. Dengan demikian akan terciptanya keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Dimana seni dan akademik akan seiring sejalan.

Ini pula yang dilakukan oleh SMP Islam Terpadu (SMPIT) Logaritma – Pondok Pesantren Daaruth Thoyyibah Karanganyar. Dalam hal ini, pihaknya menggelar kegiatan pagelaran dan pameran seni. Kegiatan berjalan dengan penuh hikmah dan meriah, Jumat – Sabtu (22-23/1/2021).

Dengan mengusung branding “Art Exhibition”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperat Ukhuwah Islamiyah antar siswa sekaligus memperkuat kerjasama, kekompakkan dan tanggungjawab bersama.

Acara dilaksanakan di halaman Pondok Pesantren setempat, Beberapa pertunjukan turut serta memeriahkan acara tersebut. Ini mulai dari panggung teater, pameran kerajinan tangan dan lukisan abstrak. Semua itu merupakan hasil karya para siswa SMP Islam Terpadu (SMPIT) Logaritma Karanganyar atau santriwan-santriwati Ponpes Daaruth Thoyyibah Karanganyar.

Acara pun disambut dengan suka cita dan penuh antusias oleh para peserta. Dalam kesempatan itu Ketua Pagelaran dan Pameran Seni SMPIT Logaritma Karanganyar Eko Sulistiyanto, S.Pd. menyampaikan, kegiatan yang digelar ini merupakan agenda rutin tahunan sekolah setiap akhir semester dan bertujuan untuk memacu kreativitas siswa sekaligus mengembangkan potensi yang ada didalam diri siswa untuk berlatih berkarya dan berlatih berwirausaha serta berlatih dalam menerapkan ilmu jual beli sesuai syari’at Islam.

Adapun pelaksana kegiatan tersebut yakni para siswa SMP Islam Terpadu (SMPIT) Logaritma Karanganyar atau santriwan-santriwati Ponpes Daaruth Thoyyibah Karanganyar dari kelas IX (sembilan) dan diikuti oleh semua siswa kelas VII, VIII dan IX, “Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sekolah kami setiap akhir semester,” terangnya.

Eko menambahkan, selain pagelaran seni rupa, ada juga pagelaran teater, yang dilaksanakan Jumat kemarin dimana dari kegiatan tersebut mereka dapat berlatih tentang peran, olah vokal, bagaimana menampilkan teater dengan baik serta berani menampilkan pesan-pesan moral melalui pertunjukkannya.

Meningkatkan kreatifitas merupakan hal yang sangat penting. Sebab tidak sedikit orang besar dan sukses berawal dari pengembangan kreatifitas. Kendati demikian prestasi akademik juga sangat penting. Keduanya sebisa mungkin seiring sejalan antara teori dan praktik di lapangan.

Berdasarkan pantauan Jurnalis LogaritmaNews bahwa di hari kedua, Sabtu adalah kegiatannya Cafetarian, itu juga salah satu keunggulan dalam kegiatan kelas IX yaitu untuk memacu kreatifitas dalam memasak, kemudian hasil masakannya dijual kepada adik-adik kelas, dari situ Siswa kelas IX dibekali ilmu agar pada kemudian hari para siswa / santri dapat terjun langsung untuk membuat sebuah produk sampai pada proses penjualannya.

“Itu adalah pembelajaran nyata yang memang harus senantiasa dikenalkan agar dikemudian hari para siswa / santri memiliki bekal ilmu berkaitan dengan manajemen produk, manajemen penjualan di bidang wirausaha itu menjadi daya tertarik tersendiri.” harapnya yang juga wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan.

Sementara itu, Kepala SMPIT Logaritma Karanganyar Imam Arifianto, S.Pd. ketika dihubungi via telpon mengatakan kegiatan pagelaran ini merupakan kegiatan tahunan yang dipandegani oleh para siswa atau santri Ponpes Daaruth Thoyyibah – SMP Islam Terpadu (SMPIT) Logaritma Karanganyar kelas IX (sembilan).

Pihaknya berharap dengan diadakannya kegiatan ini santri bisa menemukan passionnya dan mengembangkan bakatnya dalam bidang seni serta melatih santri agar mengenal dunia wirausaha sekaligus sebagai ajang publikasi dan promosi sekolah, terlebih pihaknya telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Tahun Pelajaran 2021/2022. “semoga dengan kegiatan tersebut, banyak masyarakat yang tertarik dengan Pondok atau SMP kami, sehingga mereka antusias untuk mempercayakan pendidikan putra-putrinya di Pondok atau SMP kami tersebut.” harapnya.

Kegiatan tahunan yang biasa dikunjungi oleh berbagai sekolah khususnya SDIT Logaritma Karanganyar dan MIT Logaritma Sempor, serta wali murid SMPIT Logaritma Karanganyar, di masa pandemi ini pihaknya memfasilitasi kegiatan dengan media online akun sekolah resmi yaitu dengan live on Instagram dengan akun @smpitlogaritma dan juga Zoom Youtube dengan nama akun SMPIT Logaritma.

“Di masa pandemi ini kami tidak mengundang adik-adik SD ataupun MI serta wali murid, untuk mematuhi protokol kesehatan dan mengurangi kerumuman masa, kami hanya memfasilitasi dengan media online agar tetap dapat melihat pertunjukan siswa kami atau putra-putrinya di kelas IX (sembilan)”. imbuhnya (sfd).